#TM11 Sabtu050518 Distribution Channel Choice

Distribution Channel Choice


  • What

Keputusan pemilihan saluran merupakan hal umum bagi mereka yang beroperasi dalam distribusi fisik, adalah apakah akan menjalankan operasi distribusi di sumber sendiri insourcing (in-house) atau apakah akan melakukan di sumber luar (outsourcing) ke distribusi pihak ketiga dalam layanan distribusi logistik.

  • Why

Tujuan dalam pemilihan saluran tentu akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain di karenakan faktor kompetensi ,dan untuk menentukan sejumlah poin umum yang mungkin relevan dilakukan nya dengan hasil pemilihan saluran tersebut. Ini biasanya harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam proses perencanaan distribusi untuk memastikan bahwa struktur saluran yang paling tepat dipilih dan dikembangkan.

  • How

Poin-poin utama yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

• Untuk membuat produk siap tersedia bagi konsumen pasar yang menjadi sasarannya.
faktor yang paling penting di sini adalah memastikan bahwa produk diwakili dalam jenis outlet atau toko ritel yang tepat. Setelah mengidentifikasi pasar yang benar untuk barang, perusahaan harus memastikan bahwa saluran distribusi fisik yang tepat dipilih untuk mencapai tujuan ini.

• Untuk meningkatkan prospek penjualan yang sedang dibuat.
Faktor yang paling tepat untuk setiap produk atau jenis toko ritel akan tercermin dalam pilihan saluran. Tujuan umumnya adalah untuk mendapatkan posisi yang baik dan menampilkan di toko, dan untuk mendapatkan dukungan aktif dari penjual ritel.

• Untuk mencapai kerjasama sehubungan dengan faktor distribusi yang relevan.
 Faktor-faktor ini mungkin berasal dari sudut pandang pemasok atau penerima.

• Untuk meminimalkan logistik dan biaya total.
Jelas, biaya sangat penting, karena mereka tercermin dalam harga akhir produk. Saluran yang dipilih akan mencerminkan biaya tertentu, dan biaya ini harus dinilai sehubungan dengan jenis produk yang ditawarkan dan tingkat layanan yang diperlukan.

• Untuk menerima umpan balik informasi yang cepat dan akurat.
Aliran informasi relevan yang baik sangat penting untuk penyediaan dan pemeliharaan layanan distribusi yang efisien. Ini akan mencakup tren penjualan, tingkat persediaan, laporan kerusakan, tingkat layanan, pemantauan biaya, dll.


Sumber
Rushton Alan, Croucher Phil , Baker Peter (2010) . The Hand Book Of Logistics And Distribution Management, London, Kogan Page,84-89.

Comments

Post a Comment

Popular Posts