#TM10 Sabtu280418 Differentiation

Differentiation

What?
Differentiation adalah salah satu keunggulan kompetitif yang dimiliki suatu perusahaan. Perusahaan membedakan dirinya dari pesaingnya menjadi unik pada pelanggan ,dalam suatu industri dapat membedakan diri dari satu sama lain juga merupakan elemen penting dari struktur industri Produksi.

Why?
Diferensiasi memungkinkan perusahaan membangun loyalitas merek, mendapatkan pelanggan yang menunjukkan sensitivitas harga yang lebih rendah dan meningkatkan margin keuntungannya. Berbeda dengan cost leaders, differentiators tidak begitu peduli dengan kenaikan harga pemasok. Diferensiator dapat lebih mudah menyampaikan kenaikan harga kepada pelanggan mereka karena pelanggan lebih bersedia membayar kenaikan.

How?
Strategi Differentiation menganjurkan bahwa bisnis harus menawarkan produk atau layanan yang berharga dan unik untuk pembeli dan di luar harga rendah. Kemampuan perusahaan untuk menawarkan harga premium untuk produk atau jasa mereka bergantung pada betapa berharga dan uniknya penawaran ini di pasar. Seorang differentiator menginvestasikan sumber dayanya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dari inovasi yang unggul, kualitas yang sangat baik dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.


References:
Hill, Charles. W. L., & Jones, Gareth. R. (2007). Strategic Management Theory. Houghton Mifflin Company
Porter, M. E. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press, 1980.
Michael E Porter (1985). Competitive Advantage Creating And Sustaining Superior Perfomance,With A New Introduction ., The Free Press Edition 1985, 86-89.

Comments

Post a Comment

Popular Posts