#TM9 Sabtu210418 Cost Advantage + Bullwhip Effect

Cost Advantage + Bullwhip Effect



  • Cost Advantage
Cost Advantage adalah sebuah perusahaan yang memiliki keunggulan yaitu biaya. jika biaya kumulatif untuk melakukan semua aktivitas nilai lebih rendah dari pada pesaingnya. keuntungan biaya mengarah ke kinerja lebih umggul karena jika perusahaan memberikan tingkat nilai yg dapat diterima kepada pembeli sehingga keunggulan biayannya tidak dibatalkan oleh kebutuhan untuk mengenakan harga yg lebih rendah daripada pesaing. keuntungan biaya dapat dihasilkan ketika perusahaan mencapai biaya komulatf yg lebih rendah dalam melakukan aktivits nilai dari pada pesaingnya.

Terdapat 2 cara untuk medapatkan keuntungan dari biaya tersebut:
  1. Mengatur biaya driver
  2. Mengelola nilai rantai

  • Bullwhip Effect
Bullwhip Effect mengacu pada jenis penyimpangan yang terjadi dalam proses pengiriman informasi pesanan dari hulu, yang merupakan fluktuasi besar dalam kuantitas pesanan hulu disebabkan oleh fluktuasi permintaan hilir.

Cara mengatasi Bullwhip Effect adalah mengurangi simpul nilai rantai untuk menjaga keakuratan informasi. 

Faktor penyebab Bullwhip Effect meliputi berikut ini : 
  1. Beberapa aspek yang perkiraan permintaan amandemen
  2. Fluktuasi harga 
  3. Keputusan jumlah pesanan 
  4. Kekurangan persediaan
  5. Ketidakseimbangan persediaan
  6. Lead time, dll

Referensi:
Porter, M.E. (1985). Competitive Advantage creating and sustaining superior performance with new introduction.Chapter 3 Cost Advantage. New York: Simon&Shcuster inc.
Dai, J., Peng, S., & Li, S. (2017). Mitigation of Bullwhip Effect in Supply Chain Inventory Management Model. Procedia engineering, 174, 1229-1234.


Comments

Post a Comment

Popular Posts